Saturday, June 29, 2013

Aneka Makanan Penangkal Sembelit

Meski bukan termasuk penyakit berbahaya, tapi rasa sembelit tetap saja menyiksa siapa saja yang mengalaminya. Rasanya pun susah untuk digambarkan. Oleh karenanya, orang disekitar juga tidak mudah untuk memahaminya. Paham dengan yang kalian rasakan saja tidak, mana mungkin bisa membantu memberikan sebuah solusi. Bayangkan bila sembelit itu dirasakan oleh buah hati bunda? Oleh sebab itu, jangan biarkan buah hati bunda sampai merasakan penyakit yang satu ini. Bunda juga harus waspadai kesehatan anak yang punya kebiasan ini. Supaya tidak terkena sembelit. Berikut ini aneka makanan penangkal sembelit. Bunda, jangan hanya berhenti pada memberikan aneka makanan paling dibutuhkan otak atau mempelajari tentang cara membentuk kecerdasan anak sejak dalam kandungan.



  • Alpukat

Berdasarkan hasil penelitian empiris tekstur buah alpukat yang lembut dan banyak mengandung karbohidrat ampuh untuk membuat sistem pencernaan dapat bekerja dengan pencernaan. Sehingga cukup ampuh juga untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dari rasa sembelit.


  • Daun bayam

Bunda pasti tahu bahwa zat serat banyak terdapat pada aneka sayuran. Tapi, bunda juga harus tahu jenis sayuran apa yang kaya akan serat, salah satunya yaitu daun bayam. Zat serat berfungsi untuk melancarkan sekaligus membersihkan pencernaan organ tubuh. Manfaat lainnya, daun bayam juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.


  • Jeli dan agar-agar

Pilih jeli dan agar-agar yang terbuat dari rumput laut. Sama dengan daun bayam, rumput laut juga kaya akan zat serat yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan dan membersihkan sistem pencernaan. Mengonsumsi jeli atau agar-agar secar rutih sangat ampuh untuk menjegah kemungkinan terkena sembelit.

  • Yogurt

Mungkin kita sering mengabaikan salah satu jenis bahan makanan yang satu ini. Ya, yogurt. Padalah, yogurt memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh setara dengan susu dan keju. Tapi, yogurt lebih spesial. Sebab, bahan ini dapat berperan dalam membersihkan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh. Adapun peran pentingnya dalam sistem pencernaan, yogurt juga bisa membersihkan sisa makanan yang mengendap dalam tubuh. Oleh karena itu, bahan makanan yang rasanya sedikit asam ini sangat ampuh untuk mencegah datangnya rasa sembelit di dalam perut.

Nah, itulah aneka makanan penangkal sembelit. Usahakan membujuk buah hati bunda supaya mau mengonsumsi beragam makanan tersebut. Bila susah, ikuti tips supaya anak gampang makan dan rahasia supaya anak mau menuruti nasehat bunda. Bila sudah berhasil, jadikan beragam makanan penangkal rasa sembelit tersebut sebagai makanan yang harus secar rutin dikonsumsi. Ini tips membudayakan sikap disiplin pada buah hati supaya mereka mau mengonsumsi beragam makanan tersebut secara rutin.