Monday, June 24, 2013

Rahasia Supaya Anak Mau Menuruti Nasehat Bunda

Siapa yang tidak senang bila setiap nasihat bunda dituruti oleh buah hati. Semua orangtua pasti mengidam-idamkan hal itu. Ada sebuah rahasia supaya anak mau menuruti nasehat bunda, yaitu dengan membangun kedekatan psikis antara bunda dengan anak.


Menurut arti katanya, psikis adalah hal-hal yang berkaitan dengan psike. Definisi dari psike itu sendiri adalah hal-hal yang berkaitan dengan jiwa, sukma atau rohani. Dari sebuah studi empiris dihasilkan kesimpulan bahwa anak yang memiliki hubungan psikis yang erat dengan bundanya, akan lebih mengikuti kata-kata bundanya ketimbang orang lain di keluraganya.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya, lalu bagaimana cara yang paling mudah dilakukan untuk menumbuhkan kedekatan psikis supaya anak mau menuruti nasehat bunda. Berikut ini adalah upaya yang dapat bunda lakukan untuk membangun kedekatan psikis dengan anak:


  • Temani anak saat sedang bermain

Jangan pernah membiarkan anak bunda bermain sendiri. Arahkan dengan menciptakan permainan yang menarik dan buat permainan yang menanamkan rasa saling percaya. Selain meningkatkan kualitas hubungan psikis, permainan sejenis itu mampu membangun rasa percaya dalam diri anak kepada bunda. Dengan begitu, anak bunda akan mau menuruti nasehat bunda karena sudah terbentuk sikap percaya dalam diri anak kepada bunda.


  • Temani anak ketika akan tidur hingga terlelap

Dalam beberapa penelitian empiris disebutkan bawah cara yang paling efektif untuk menjalin hubungan psikis adalah dengan menemani anak ketika akan tidur hingga terlelap. Hal itu membuat anak merasa dilindungi. Jauh di dalam benak setiap anak pasti ada rasa takut. Untuk meredam rasa takut tersebut, mereka butuh perlindungan. Dalam beberapa kasus dari hasil penelitian empiris, orang akan lebih mengikuti nasihat orang-orang yang menjadi pelindungnya ketimbang yang tidak. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Dengan kata lain, anak-anak akan lebih menuruti nasihat orang-orang yang melindunginya.


  • Beri sentuhan lembut

Sentuhan lembut bunda di bagian kepala, punggung dan dada pada buah hati sangat dianjurkan untuk meningkatkan hubungan psikis antara bunda dengan buah hati. Selain merasa dilindungi, perasaan disayang akan muncul dari dalam diri mereka.


  • Beri penghargaan atas prestasi prestasi

Tak perlu menunggu prestasi yang muluk-muluk untuk sekadar memberi pujian. Mau membuka mulut ketika disuap ketika anak masih usia 5 bulan, itu adalah sebuah prestasi yang patut diberi pujian. Hal ini akan memunculkan perasaan pada anak bahwa apa yang mereka lakukan dihargai.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bunda untuk menjalin hubungan psikis terhadap buah hati supaya anak mau menuruti nasehat bunda. Beberapa hal tersebut juga dapat dikombinasikan dengan tips supaya anak gampang makan, cara ampuh dan sederhana meningkatkan kreativitas anak dan memberi anak aneka makanan paling dibutuhkan otak. Perluas pengetahuan bunda dengan membuka sitemap Parenting Area.