Thursday, June 20, 2013

Ini Tips Menyusui Membuat Jadi Rutinitas Menyenangkan

Menyusui buah hati bisa menjadi sebuah rutinitas yang membosankan bahkan menyeramkan. Tapi, bila Bunda cerdas menyikapinya, kegiatan yang manfaatnya begitu besar bagi kesempurnaan tumbuh kembang buah hati yang satu ini bisa menjadi rutinas yang menyenangkan.


Berikut ini tips menyusui membuat jadi rutinitas yang menyenangkan:
  • Pilih tempat yang paling nyaman
Home sweet home atau rumahku adalah surgaku. Dari sekian banyak ruang yang ada di rumah, sebaiknya bunda memilih tempat yang paling nyaman untuk menyusui si kecil. Buat ruangan tersebut lebih nyaman, bukan hanya bagi bunda sendiri, tapi juga buat bayi Anda.

  • Sediakan cemilan favorit bunda
Sediakan cemilan favorit di tempat-tempat yang mudah dijangkau ketika bunda tengah menyusui. Tapi, ingan bunda sedang menyusui yang artinya apapun yang Anda makan akan berpengaruh dengan kualitas air susu bunda. Sekadar saran, pilih menu cemilan yang sehat, rendah kolesterol, tanpa monosodium glutamate (msg) dan hindari cemilan tinggi kadar garam. Menjadikan aneka buah atau sereal sebagai menu cemilan lebih disarankan.

  • Maksimalkan minum air putih dan jus buah
Memaksimalkan konsumsi air putih dan aneka jus buah akan memberikan tambahan energi baut Bunda. Sehingga, bunda tidak mudah letih dan lelah. Dampak positif lainnya, kualitas air susu bunda juga jadi lebih kaya akan kandungan vitamin, serat serta mineral.

  • Mendengarkan musik favorit
Menyusui sambil mendengarkan musik favorit sangat disarankan sebagai salah satu alternatif mencegah munculnya stres. Agar tidak mengganggu, gunakan headset, dan pasang di salah satu telinga bunda. Pasang volume normal, artinya tidak mengganggu Bunda maupun buah hati.

  • Tidur ketika si buah hati tidur
Ini adalah sebuah cara yang paling efektif diterapkan oleh para bunda untuk menjaga stamina ketika memiliki momongan. Dengan mengikuti pola tidur bayi bunda, maka stamina bunda akan selalu terjaga. Kegiatan ini juga dapat mengeratkan hubungan emosional bunda dengan si kecil.

  • Komunikasikan kesulitan bunda kepada suami atau pembantu di rumah
Menjalin komunikasi dengan suami dan pembatu di rumah itu sangat penting. Konsultasikan kebutuhan atau kegiatan bunda yang sebenarnya harus dilakukan, sementara bunda berada dalam posisi harus menyusui. Berikan pemahaman kepada mereka, bahwa bunda butuh bantuan mereka.

  • Lakukan sedikit gerakan olahraga secara rutin
Jangan kira rutinita menyusui itu tidak melelahkan karena selain menyusui, bunda juga punya kegiatan lain yang harus dilakukan seperti mengurus rumah atau menyediakan menu makanan di rumah. Tapi, jangan pula dianggap berat. Sebab, dengan stamina yang cukup baik, bunda jadi memiliki ketahanan yang baik pula. Agar stamina tetap terjaga dan tidak mudah letih, selain memaksimalkan konsumsi air putih dan jus buah, disarankan untuk melakukan sedikit gerakan-gerakan olahraga. Kegiatan itu dapat bunda lakukan setelah bangun tidur dan sore hari. Lakukan kegiatan itu secara rutin. Adapun sedikit gerakan olahraga yang dapat bunda lakukan, antara lain, peregangan otot tangan, kaki, punda, pinggang dan leher. 

  • Mengatur pola makan
Makanan utama yang bunda konsumsi setiap hari sangat berpengaruh terhadak kualitas kesehatan bunda dan bayi. Seperti jenis cemilan apa yang bunda konsumsi, makanan utama bunda juga harus diperhatikan. Kegiatan sarapan, makan siang dan makan malam harus diterapkan secara teratur.

  • Bersikap dan Berpikir pisitif
Bersikap dan berpikir positif akan membentuk jiwa yang positif pula. Bentuk jiwa positif bunda dengan selalu menanamkan sikan dan pola pikir yang positif juga. Selalu usahakan menengelamkan hal-hal buruk yang bunda rasakan. Cara ini cukup ampuh untuk menumbuhkan sikap dan pola pikir yang positif. Bunda pasti tahu dampak positif yang diterima dan dirasakan oleh buah hati bila dibesarkan oleh orang-orang yang memiliki jiwa yang positif.

Di luar sana mungkin ada yang memberikan tips lain, tapi beberapa tips tersebut ditambah dengan menambah beberapa hal lain yang bisa memicu kesenangan hati bunda ketika sedang menyusui dirasa sudah cukup untuk membuat rutinitas bunda ketika menyusui menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan. Terima kasih telah membaca artikel parenting berjudul "Ini Tips Menyusui Membuat Jadi Rutinitas Menyenangkan". Perluas pengetahuan bunda dengan menyimak cara ampuh dan sederhana meningkatkan kreativitas anak atau melihat sitemap Parenting Area.