Sunday, June 30, 2013

Aneka Makanan Pemicu Otak Anak Lebih Fokus

Beberapa orang yang sudah berada di puncak kesuksesan sering bilang bahwa lakukan apapun secara fokus, maka kita akan semakin dekat dengan kesuksesan. Iya saja, fokus membuat diri kita lebih berkonsentrasi dan serius untuk meraih apa yang kita inginkan. Sama saja dengan orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan hal itu. Otak mereka harus dibuat fokus agar lebih mudah menerima hal-hal baik atau pelajaran yang disampaikan kepada mereka. Memberikan aneka makanan paling dibutuhkan otak tentunya akan membuat buah hati bunda akan lebih fokus. Ketahui tips supaya anak gampang makan, tips membudayakan sikap disiplin pada buah hati dan intip rahasia supaya anak mau menuruti nasehat bunda untuk memudahkan usaha bunda memberikan aneka makanan pemicu otak anak lebih fokus.


Lihat kisah Qin, bocah asal Negeri Tirai Bambu. Tanpa kaki, Qin tetap berjuang jadi atlet basket. Mendribel bola basket dan melewati hadangan teman mainnya yang memiliki kondisi tubuh normal, bukan suatu hal yang sulit baginya. Itu karena meskipun memiliki keterbatasan, tapi dia tetap fokus berlatih basket.

Berikut ini aneka makanan yang dibutuhkan buah hati bunda supaya otak mereka lebih fokus:

  • Ikan

Pilih jenis ikan yang banyak mengandung zat omega 3, salah satunya adalah ikan salmon. Berdasarkan hasil penelitian, omega 3 pada ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan memori. Dengan begitu, struktur jaringan sel dalam otak menjadi lebih kuat. Omega 3 juga sering digunakan untuk mencegah terjadinya penurunan mental pada balita yang bermasalah.


  • Sayuran hijau

Di pasar bunda dapat menemukan berbagai sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, sawi hingga cabai paprika. Pilih yang paling disukai oleh buah hati bunda. Bila anak bunda tidak mau makan sayur, mungkin bunda harus membuat makanan yang bisa dijadikan sebuah siasat bagi yang tak doyan sayur. Ketik saja kalimat sebuah siasat bagi yang tak doyan sayur di mesin pencarian google, maka bunda akan menemukan banyak referensi menu masakan yang terbuat dari beragam sayuran, tapi bila dimakan rasanya tak seperti makan sayuran.


  • Buah jenis berry

Jenis berry ada banyak, mulai dari strawberry, blue berry, black berry hingga red berry. Semua jenis berry tersebut memiliki zat antioksidan. Zat itulah yang berperan melindungi otak dari gangguan radikal bebes. Sehingga, kinerja otak lebih optimal.


  • Oat dan biji-bijian

Oat dan biji-bijian berperan menstabilkan gula darah. Kondisi gula darah yang stabil mempunyai korelasi yang kuat dengan sirkulasi darah pada otak. Sehingga, kinerja otak juga akan menjadi lebih optimal.

Itulah beberapa aneka makanan pemicu otak anak lebih fokus. Konsultasikan seberapa banyak aneka makanan tersebut bisa dikonsumsi oleh anak bunda kepada dokter atau ahli gizi. Sebab, kebutuhan setiap anak berbeda karena pengaruh berat badan dan usia. Sembari mengimplementasikan daftar aneka makanan tersebut ke dalam daftar menu harian buah hati bunda, ketahui tips menyiapkan kebahagiaan di masa tua. Perluas pengetahuan bunda soal kesehatan anak, parenting dan spirit keluarga di sitemap Parenting Area.