Friday, June 21, 2013

Tips Supaya Anak Gampang Makan

Susahnya membujuk anak supaya gampang makan. Setiap ibu pasti pernah mengalami masalah tersebut. Walaupun sudah ada pengasuh anak di rumah, tapi ada kalanya bunda sendiri yang turun tangan untuk membujuk buah hati supaya mau makan. Bila itu yang jadi masalah selama ini, sepertinya bunda harus membaca tips supaya anak gampang makan hingga tuntas.



  • Biasakan anak makan di meja makan

Tak sedikit ibu-ibu di luaran sana yang rela melakukan apa saja agar anaknya gampang atau mau makan. Sebagian di antaranya, rela menempuh jarak kiloan meter ke tempat-tempat yang menjadi favorit anaknya supanya si bauh hati gampang makannya. Itu bukan cara yang tepat. Sebab, dengan begitu, secara sadar atau tidak sadar, hal itu akan membentuk suatu kebiasaan dalam diri anak bila makan harus di tempat-tempat favorit mereka. Agar itu tidak terjadi atau tidak terjadi lagi, biasakan makan di meja makan mulai dari sekarang. Buat suasana di sekitar meja makan senyaman mungkin buat buah hati bunda. Tips ini juga dapat diterapkan pada anak-anak yang mulai mengenal makanan padat.


  • Libatkan Buah Hati Saat Memilih Bahan Masakan

Selalu libatkan buah hati saat memilih bahan masakan. Terangkan kepada mereka bahwa bahan itu akan dimasak menjadi menu makanan yang akan dimakannya nanti di rumah. Dengan begitu, anak bunda akan meningkatkan antusias mereka saat memakannya. Bila memungkinkan, ajak buah hati memasak. Hal ini juga dapat meningkatkan antusias mereka untuk segera mencicipi makanan yang dimasak tersebut.


  • Kreatif dalam memasak

Jangan memberikan menu makanan yang monoton. Hal ini akan membuat buah hati bunda bosan. Oleh sebab itu, bunda harus kreatif dalam menciptakan sebuah menu masakan untuk si kecil. Pertimbangkan juga soal rasa. Perkaya rasa di setiap hidangan yang bunda buat. Contohnya, bila membuat perkedel, jangan sekadar memakai kentang tambah dengan bahan lain. Buat resep perkedel yang kreatif, misalnya perkedel kentang isi ikan salmon atau yang lain.


  • Siapkan menu kejutan

Bukankah setiap orangtua akan senang bila buah hatinya gampang makan. Oleh sebab itu, buatlah acara makan yang menyenangkan meskipun hanya di rumah. Sekadar saran, siapkan menu kejutan. Bunda bisa menjadikan menu cemilan si kecil sebagai menu kejutan.


  • Sempatkan untuk makan bersama

Di luaran sana masih ada orangtua yang menyingkirkan buah hatinya ketika mereka sedang makan. Orangtua sering merasa terganggu bila mengajak si kecil makan bersama. Sebenarnya, dengan mengajak si kecil makan bersama, hal itu dapat memberikan pelajaran kepada anak untuk makan secara mandiri. Mereka juga mudah terbawa suasa, sehingga mau dan gampang makan. Memang, hal ini agak merepotkan bila si kecil terlalu aktif. Tapi, usahakan untuk membiasakan makan bersama agar anak bunda gampang makan.

Mungkin di luaran sana masih ada beberapa tips lain yang sejenis. Namun, empat tips tersebut sudah cukup ampuh dijadikan sebuah cara untuk membujuk bauh bati bunda supaya gampang makan. Perluas pengetahuan bunda hanya dengan membuka sitemap Perenting Area.