Tuesday, June 18, 2013

Cara Ampuh dan Sederhana Meningkatkan Kreativitas Anak

Tiap orangtua pasti senang bila memiliki buah hati yang kreatif. Buktinya, mayortitas orangtua rela mengorbankan apa saja, berupa materi atau tenaga, agar kreativitas anaknya meningkat hari demi hari. Tapi, tahukah bunda bahwa ada cara yang ampuh dan sangat sederhana untuk meningkatkan kreativitas anak? Jawabannya adalah menceritakan sebuah dongen sebelum mereka tidur.


Dongeng yang diceritakan sebelum anak-anak tidur dipercaya mampu meningkatkan kinerja otak. Secara sadar, dengan mendengar sebuah dongeng, mereka akan melakukan serangkaian imaginasi sesuai dengan dongeng yang mereka dengar dari bunda. Dengan sendirinya, otak akan bekerja untuk mengimajinasikan sejumlah tokoh serta jalan cerita dari sebuah dongen yang ia dengar. Serangkaian upaya mengimajinasikan tokoh dan jalan cerita inilah yang melatih tingkat kreativitas anak.

Tak perlu dongeng yang panjang. Buat sebuah dongeng pendek, namun sarat akan pesan moral. Bunda juga dapat mencari kumpulan dongeng pada buku anak-anak atau mencarinya melalui internet mulai sekarang. Tak memulu binatang berbudi baik sebagai tokoh dalam dongeng, bunda juga dapat menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang memiliki pesan moral. Intinya, ceritakan sebuah dongeng yang menarik perhatian si buah hati, sebelum mereka tidur.

Banyak pakar mereferensikan hal ini sebagai cara ampuh dan sederhana guna meningkatkan kreativitas anak. Hasil dari sebuah studi, dapat dibuktikan bahwa dongeng mampu mendorong kinerja otak. Yaitu, dengan cara memaksimalkan imajinasi dan kreativitas.

Hal ini tak sebatas bisa diterapkan kepada anak di luar batas usia balita. Menceritakan sebuah dongeng sarat pesan moral untuk meningkatkan kreativitas buah hati juga ampuh diterapkan pada bayi hingga balita. Jangan kira, bayi atau balita tak mampu berimajinasi. Kemampuan otak mereka untuk merekam apa yang didengar sudah terasah sejak berada di kandungan bunda.

Hal positif lain adalah memaksimalkan ikatan batin antara bunda dan buah hati. Jadi, berikan sebuah dongeng sebagai mengantar tidur agar buah hati bunda lebih kreatif dan lebih dekat dengan bunda secara emosional.

Terima kasih telah membaca artikel panrenting berjudul "Cara Ampuh dan Sederhana Meningkatkan Kreativitas Anak". Perluas pengetahuan seputar parenting di Parenting Area.