Saturday, June 22, 2013

Aneka Makanan Paling Dibutuhkan Otak

Bunda pasti akan senang bila mempunyai anak yang cerdas dan cemerlang dalam berbagai hal. Bukan hanya sehat jiwa dan raga, kesehatan otak juga perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, mulailah membiasakan anak agar secara rutin mengonsumsi aneka makanan yang paling dibutuhkan oleh otak.


Sejumlah makanan berikut ini sangat dianjutkan oleh para ahli nutrisi. Pasalnya, kandungan zat positif di dalamnya sangat dibutuhkan buat meningkatkan kecerdasan otak.


  • Ikan salmon

Jenis ikan ini begitu spesial. Pasalnya, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan otak, yaitu omega 3. Selain salmon, ada juga beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi.


  • Telur

Bunda pasti tahu bahwa telur memilik protein yang cukup baik untuk kesehatan. Mengonsumsi telur dalam jumlah yang wajar dapat menjaga kesehatan tubuh anak dari berbagai kemungkinan serangan penyakit. Tapi, apa yang membuat telur baik untuk otak? Adalah zat kolin. Zat itulah yang sangat dibutuhkan untuk membentuk pertumbuhan otak. Membiasakan anak mengonsumsi telur, minimal 1 butir sehari sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak. Namun, bila lebih dari itu dan setiap hari dikonsumsi, telur malah akan berubah menjadi bahan makanan yang jahat bagi kesehatan karena mengandung kolesterol tinggi.


  • Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan. Dua zat positif tersebut akan berperan sebagai pelindung membran sel-sel otak dari radikal bebas yang jahat. Jenis kacang-kacangan yang tinggi kadar vitamin E dan antioksidan adalah kacang hijau, almond dan macadamia.


  • Oat

Zinc, vitamin E, B dan potasium yang banyak terkandung di dalam oat akan membantu otak bekerja secara maksimal. Oat banyak terdapat pada makanan jenis sereal. Menjadikan oat sebagai menu sarapan, dapat meningkatkan kinerja anak bunda.


  • Sayuran

Pada dasarnya setiap jenis sayuran memiliki zat positif yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, hanya sayuran yang berwarna cerah yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Antioksidan yang terkandung dalam wortel, bayam, labu dan tomat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan membran sel otak.


  • Buah jenis berry

Sama seperti sayuran berwarna terang, buah jenis berry juga memiliki kandungan zat antioksidan, salah satunya vitamin C yang berperan untuk memperbaiki daya ingat otak.


  • Susu dan yogurt

Vitamin D, protein dan vitamin B yang ada pada susu atau yogurt sangat penting untuk menjaga pertumbuhan jaringan otak.


  • Daging

Zat besi dalam daging berpengaruh baik bagi daya ingat anak. Hanya saja, daging yang berpengaruh positif baut kecerdasan otak adalah daging tanpa lemak.

Itulah aneka makanan paling dibutuhkan otak. Mungkin juga, hal ini bisa dimasukkan ke dalam salah satu kategori cara ampuh dan sederhana meningkatkan kreativitas anak yang telah dibahas sebelumnya. Agar anak bunda mau makan makanan tersebut, mungkin bunda butuh mengetahui tips supaya anak gampang makan. Perluas pengetahuan bunda dengan membuka sitemap Parenting Area.